Skip to main content

KONSEKUENSI EKONOMI DAN TEORI AKUNTANSI POSITIF




Konsekuensi Ekonomi dan Teori Akuntansi Positif

IKHTISAR
·   Motivasi kinerja manajer yang bertanggungjawab merupakan peran yang sama pentingnya bagi akuntansi keuangan seperti halnya penyediaan informasi bagi investor.
·     Maka para akuntan perlu memahami dan menghargai kepentingan manajemen dalam penyusunan laporan keuangan.
·    Sehingga akan muncul satu alur pemikiran baru yang, jika dilihat sekilas, jauh berbeda dari teori berbasis keputusan investor dan berorientasi pasar efisien.
·      Harus dipahami mengenai konsep konsekuensi ekonomi (Economic concequences).

Konsekuensi Ekonomi
·     Konsekuensi ekonomi adalah suatu konsep yang menekankan bahwa, terlepas dari implikasi teori pasar sekuritas yang efisien, pilihan kebijakan akuntansi dapat mempengaruhi nilai perusahaan.
·   Gagasan mengenai konsep ini adalah bahwa kebijakan akuntansi perusahaan dan perubahannya sangat penting bagi manajemen.
·   Pemahaman terhadap konsep konsekuensi ekonomi dari pilihan kebijakan akuntansi diperlukan karena dua alasan. Pertama konsep ini menarik dan pernyataan bahwa kebijakan akuntansi tidak penting tidak sesuai dengan pengalaman akuntan.

Teori Akuntansi Positif
·      Untuk menjawab asal-usul konsep konsekuensi ekonomi maka diperkenalkan teori akuntansi positif.
·      Teori ini didasarkan pada kontrak yang dijalin oleh perusahaan.
·      Kontrak tersebut seringkali didasarkan pada variabel akuntansi keuangan.
·      Dalam hal ini manajemen memilih kebijakan akuntansi untuk memaksimalkan kepentingan perusahaan.
·      TAP berusaha memprediksi kebijakan apa yang akan dipilih oleh manajer.


Organisasi Pembahasan








MUNCULNYA KONSEKUENSI EKONOMI
·  Konsep konsekuensi ekonomi muncul di sebuah artikel awal oleh Stephen Zeff (1978) yang berjudul “Timbulnya Konsekuensi Ekonomi (The Rise of Economic Consequences).”
·  Zeff mendefinisikan konsekuensi ekonomi sebagai “dampak pelaporan akuntansi terhadap perilaku pengambilan keputusan dari kalangan usaha, pemerintah, dan kreditor”.
·      Menurut Zeff  “intervensi pihak ketiga” sangat mempersulit penyusunan standar akuntansi.
·  Zeff menjelaskan mengenai tanggapan badan penyusun standar terhadap beragam intervensi  tersebut, yaitu memperluas perwakilan dalam badan standar tersebut.
·      Terlepas dari implikasi teori pasar yang efisien, pilihan kebijakan akuntansi memiliki konsekuensi ekonomi bagi berbagai pengguna laporan keuangan.
· Konsekuensi ekonomi semakin mempersulit penentuan standar akuntansi, yang memerlukan penyeimbangan antara pertimbangan politik dan akuntansi.

OPSI SAHAM KARYAWAN
·  Bidang pertama konsekuensi ekonomi adalah akuntansi untuk opsi saham yang dikeluarkan bagi manajemen dan dalam beberapa kasus, bagi karyawan lainnya, memberi mereka hak untuk membeli saham perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini disebut Employee Stock Opsions (ESO).
·  Akuntansi untuk ESO mewajibkan perusahaan mengeluarkan ESO dengan nilai tetap untuk mencatat biaya yang sama dengan selisih antara nilai pasar saham pada tanggal pemberian opsi kepada karyawan dan harga pelaksanaan opsi tersebut.
·   Kebanyakan perusahaan yang memberikan ESO menetapkan harga pelaksanaannya sama dengan nilai pasar pada tanggal pemberiannya, sehingga nilai intrinsiknya nol. Akibatnya tidak ada biaya yang perlu dicatat bagi kompensasi ESO. Sebagai contoh, jika saham yang dijamin memiliki nilai pasar $10 pada tanggal pemberian, maka menetapkan harga pelaksanaan sebesar $10 tidak akan menghasilkan pencatatan biaya, sementara menetapkan harga pelaksanaan sebesar $8 memicu biaya sebesar $2 per ESO yang diberikan. Hal ini menyebabkan menurunnya pencatatan biaya kompensasi dan menaikkan pencatatan laba bersih.
·   Alasan tidak diwajibkannya pencatatan nilai wajar untuk ESO adalah sulit menetapkan nilainya. Sehingga muncul rumus Black/Sholes yang berasumsi bahwa opsi dapat diperdagangkan dengan bebas
·  Hal ini tidak dimungkinkan karena ESO tidak dapat dilaksanakan sampai tanggal penyerahan (vesting date). Juga, jika karyawan mengundurkan diri dari perusahaan sebelum dilakukannya penyerahan, maka opsi tersebut dinyatakan hangus, atau kalaupun belum dilaksanakan, mungkin ada pembatasan-pembatasan terhadap kemampuan karyawan untuk menjual saham yang diperolehnya.
·     Untuk mengatasi hal ini, FASB mengeluarkan exposure draft yang mengusulkan agar perusahaan mencatat biaya kompensasi berdasarkan nilai wajarnya pada tanggal pemberian ESO.
·   Namun, exposure draft ini ditolak karena muncul kekhawatiran akan konsekuensi ekonomi dari laporan laba yang lebih rendah yang akan dihasilkan. Konsekuensi yang dikhawatirkan tersebut mencakup harga saham yang lebih rendah, biaya modal yang lebih tinggi, kurangnya bakat manajerial, serta rendahnya motivasi manajer dan karyawan.
·  Hal ini dikarenakan tidak seperti umumnya biaya, ESO tidak memerlukan pembiayaan tunai. Intinya biaya ditanggung oleh para pemegang saham. Karena itu, jika ESO dilaksanakan dengan harga $10 ketika nilai pasar saham tersebut $30, maka biaya ex post bagi perusahaan dan para pemegang sahamny adalah $20. Dengan memberi pemegang saham sebesar $10, perusahaan tersebut melewatkan kesempatan untuk mengeluarkan saham dengan harga pasar sebesar $10.
·  Meskipun demikian, biaya ESO tersebut sangat sulit diukur secara reliabel. Hal ini karena karyawan mungkin melaksanakan opsi tersebut setelah tanggal penyerahan sampai tanggal kadaluwarsa. Biaya ex post bagi perusahaan pun akan tergantung pada selisih nilai pasar saham dan harga pelaksanaan pada saat itu. Untuk mengetahui nilai wajar ESO, perlu diketahui strategi pelaksanaan optimal karyawan.
·     Untuk mengatasi masalah ini, muncul model strategi yang disusun oleh Huddart (1994).
·  Dengan membuat beberapa asumsi, Huddart menunjukkan bahwa rumus Black/Sholes  dengan ESO yang ditahan sampai tanggal kadaluwarsa dapat menaikkan pencatatan nilai wajar ESO pada saat tanggal pemberian,
·     Ada tiga karakteristik opsi, yaitu pengembalian yang diharapkan dari menahan suatu opsi melebihi return saham yang diharapkan, opsi “potensi kenaikan”, opsi “deep-in-the-money”.
·   Selanjutnya akan muncul pertanyaan adalah keadaan di mana karyawan akan melaksanakan opsi tersebut?
·     Huddart mengidentifikasi ada dua keadaan. Pertama, jika ESO mencakup nilai uang sedikit, waktu sampai jatuh temponya singkat, dan karyawan tersebut diharuskan menahan saham yang diperolehnya, maka penghindaran risiko dapat memicu pelaksanaan lebih awal. Karena ada resiko substansial untuk terjadinya hasil nol, maka karyawan yang menghindari resiko (yang mengimbangkan antara resiko dan hasil) mungkin merasa bahwa pengurangan resiko pelaksanaan opsi saat ini daripada terus menahannya ternyata lebih besar daripada lebih rendahnya hasil yang diharapkan dari menahan saham tersebut.
·  Keadaan kedua terjadi ketika ESO menyangkut banyak uang, waktu sampai jatuh temponya singkat, dan karyawan dapat menahan maupun menjual saham yang diperolehnya dan menginvestasikan hasilnya pada aktiva yang tidak beresiko. Karena menahan aktiva yang tidak beresiko lebih disukai daripada menahan saham, maka karyawan akan melaksanakan opsi, menjual saham, dan membeli aktiva yang tidak beresiko.
·  Dalam penelitian empiris untuk menguji pelaksanaan awal, Huddart dan Lang (1996) mengkaji pola-pola pelaksanaan dari karyawan pada delapan perusahaan besar di Amerika Serikat selama periode sepuluh tahun. Mereka mendapati bahwa pelaksanaan lebih awal sering dilakukan, sesuai dengan asumsi penghindaran resiko yang dinyatakan oleh Huddart. Mereka juga mendapati bahwa variabel yang menjelaskan pelaksanaan awal secara empiris, seperti waktu sampai jatuh tempo dan sampai sejauh mana ESO tersebut menyangkut uang, dikatakan “broadly consistent” dengan prediksi model tersebut.
·    Penelitian selanjutnya cenderung mengkonfirmasi tendensi Black/Sholes untuk terlalu melebihkan pencatatan biaya ESO secara ex post. Hall dan Murphy (2002), dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dari Huddart, juga menunjukkan probabilitas substansial dari pelaksanaan awal, dan menunjukkan bahwa hal tersebut secara signifikan mengurangi biaya ESO di bawah Black/Sholes. Analisis mereka juga menunjukkan keragaman dalam keputusan pelaksanaan oleh karyawan.
·  Aboody dan Kasznnik (2000) mempelajari terhadap praktek pengumuman informasi dari CEO seputar tanggal pemberian ESO. Mereka mendapati bahwa, secara rata-rata, CEO perusahaan yang memiliki ESO terjadwal menggunakan beragam taktik untuk memanipulasi harga saham lebih rendah sebelum tanggal pembelian, dan memanipulasi harga agar naik setelah tanggal pembelian tersebut. Salah satu taktiknya adalah dengan mengumumkan lebih awal kabar buruk dari laporan pendapatan triwulan yang tertunda, namun kabar baiknya tidak dilaporkan. Taktik lainnya mencakup dimasukkannya estimasi pendapatan para analis yang berpengaruh dan penentuan waktu yang selektif atas pengumuman estimasi mereka sendiri.

REAKSI PASAR SAHAM TERHADAP AKUNTANSI SUCCESFULL-EFFORT DI INDUSTRI MINYAK DAN GAS
·     Pembahasan didasarkan pada artikel “The Impact of Accounting Regulation on the Stock Market: The Case of Oil and Gas Companies” (1979) yang ditulis oleh Lev.
·  Penelitian ini terkait dengan kebijakan SFAS 19 yang mewajibkan perusahaan migas di AS mencatat biaya eksplorasi dengan metode succesfull-effort.
·  Karena pilihan kebijakan akuntansi untuk biaya eksplorasi mencerminkan kebijakan akuntansi, maka teori pasar sekuritas efisien memprediksi bahwa seharusnya manajer tidak keberatan menggunakan metode succesfull-effort.
·  Secara khusus, terdapat kekhawatiran mengenai dampak yang mungkin merugikan terhadap persaingan dalam industri migas.
·  Kekhawatiran tersebut adalah bahwa sebagian besar perusahaan kecil yang bergerak di bidang migas menggunakan akuntansi full-cost. Ini karena metode succesfull-effort cenderung menghasilkan laba bersih yang lebih kecil daripada metode full-cost, terutama untuk perusahaan yang aktif melakukan eksplorasi, maka ditakutkan bahwa laba bersih yang lebih kecil dalam laporan akan menjadikan perusahaan kecil lebih sulit menghimpun modal, dan karenanya akan mengurangi persaingan dan cakupan eksplorasi.
·     Lev memulai penelitian dengan menentukan apakah harga sekuritas perusahaan migas terpengaruh oleh penggunaan metode akuntansi succesfull-effort.
·  Lev mengambil sampel 49 perusahaan yang menggunakan metode full-cost dan sampel kontrol yang terdiri dari 34 perusahaan yang menggunakan succesfull-effort.
·    Hasil penelitiannya adalah terjadi pengembalian abnormal negatif rata-rata yang signifikan untuk saham-saham dari 49 perusahaan yang menggunakan metode full-cost. Untuk ke-34 perusahaan yang telah menggunakan metode akuntansi succesfull-effort, dan relatif tidak terpengaruh oleh exposure draft, pengembalian negatif rata-rata-nya bernilai relatif kecil.
·     Untuk kondisi saham, Dickman dan Smith (1979) dan Kross (1982) mendapati tidak adanya reaksi harga sekuritas terhadap perubahan standar akuntansi. Mungkin ini disebabkan karena adanya inefisiensi pasar sekuritas.
·  Alasan lain adalah bahwa perusahaan yang menggunakan full-cost akan menghadapi kesulitan menghimpun modal atau mungkin mengurangi aktivitas eksplorasi begitu mereka dipaksa menggunakan succesfull-effort.
·  Alasan lain adalah bahwa pengurangan laba bersih yang dilaporkan dan ekuitas para pemegang saham setelah beralih menggunakan metode succesfull-effort mungkin mempengaruhi rasio bonus manajemen dan perjanjian pinjaman. Pasar dapat bereaksi terhadap manajer yang gagal merepons masalah seperti ini.
·  Bagaimanapun juga hasil penelitian Lev menyatakan bahwa pasar memang bereaksi terhadap metode akuntansi yang dipilih.
·      Akibatnya, terbukti bahwa perubahan kebijakan akuntansi dapat memiliki dampak harga sekuritas, karenanya memperkuat argumen konsekuensi ekonomi.

HUBUNGAN ANTARA TEORI PASAR SEKURITAS EFISIEN DAN KONSEKUENSI EKONOMI
·   Teori pasar sekuritas yang efisien tidak meramalkan reaksi harga terhadap perubahan kebijakan akuntansi yang tidak mempengaruhi probabilitas jaminan dan aliran kas.
·     Dengan kata lain, teori pasar yang efisien menyiratkan pentingnya pengungkapan penuh, termasuk pengungkapan kebijakan akuntansi. Meskipun demikian, begitu pengungkapan penuh terhadap kebijakan akuntansi dilakukan, pasar akan menafsirkan nilai sekuritas perusahaan berdasarkan kebijakan yang dipakai.
·   Jika dilihat dari pengguna laporan keuangan, manajemen dan investor, tentu akan bereaksi terhadap perubahan kebijakan akuntansi. Berbagai reaksi dirumuskan dalam konsep konsekuensi ekonomi.
·    Karena itu, kebijakan akuntansi berpotensi mempengaruhi keputusan manajemen yang sebenarnya, termasuk keputusan untuk mengintervensi, baik mendukung atau menentang usulan standar akuntansi.

TEORI AKUNTANSI POSITIF
Garis Besar Teori Akuntansi Positif
·   TAP berkenaan dengan memprediksi tindakan-tindakan sebagai pilihan kebijakan akuntansi oleh manajer perusahaan dan bagaimana manajer akan merespon standar akuntansi baru yang diusulkan.
·   Misalkan dapatkah kita memprediksi, manajer perusahaan migas akan memilih kebijakan akuntansi dengan metode succesfull-effort ataukah metode full-cost?
·   TAP beranggapan bahwa perusahaan akan mengorganisir diri dalam cara yang efisien sehingga memaksimalkan prospek untuk bertahan hidup.
· Perusahaan dapat dipandang sebagai kumpulan kontrak (nexus of contract) artinya pengorganisasiannya dapat ditentukan oleh kontrak yang dijalinnya. Akan muncul biaya kontrak dan kontrak yang efisien.
·  TAP berpendapat kebijakan akuntansi akan dipilih sebagai bagian dari masalah yang lebih dari pencapaian manajemen perusahaan yang lebih efisien.
·  TAP tidak menyarankan perusahaan harus menjelaskan sepenuhnya kebijakan akuntansi yang dipergunakan.
· TAP berpendapat bahwa manajer sifatnya rasional dan memilih kebijakan akuntansi demi kepentingan perusahaan.
·  Tujuan TAP adalah untuk memahami dan memprediksi pilihan kebijakan akutansi manajerial dalam perusahaan yang berbeda-beda. Akan muncul teori normatif.
·  Baik-tidaknya kemampuan teori normatif melakukan prediksi tergantung sampai sejauh mana setiap individu sungguh-sungguh mengambil keputusan sesuai teori tersebut.

Tiga Hipotesis Teori Akuntansi Positif
·    Hipotesis rencana bonus (The bonus plan hypothesis)
Para manajer perusahaan dengan rencana bonus lebih mungkin memilih prosedur akuntansi yang menggeser pendapatan yang dilaporkan dari masa datang ke saat ini.
·     Hipotesis persyaratan perjanjian pinjaman (The debt covenant hypothesis)
Semakin besar perusahaan melakukan pengingkaran persyaratan perjanjian pinjaman berbasis akuntansi, semakin besar kemungkinan manajer memilih prosedur akuntansi yang menggeser pendapatan dari periode akan datang ke periode berjalan.
·     Hipotesis biaya politik (The political cost hypothesis)
Semakin besar biaya politik yang dihadapi oleh perusahaan, semakin besar kemungkinan manajer memilih prosedur akuntansi yang menangguhkan pendapatan yang dilaporkan dari periode berjalan ke periode akan datang.
·     Ketiga hipotesis tersebut membentuk komponen yang penting dari TAP.
·     Ketiga hipotesis TAP dapat juga ditafsirkan dari perspektif perjanjian kontrak yang efisien.       

Penelitian Teori Akuntansi Positif
·   TAP telah menghasilkan sejumlah besar penelitian empiris. Sebagai contoh adalah tulisan Lev (1979). Penelitian Lev membantu kita memahami mengapa perusahaan yang berbeda-beda mungkin memilih kebijakan akuntansi yang brbeda-beda.
·  Banyak penelitian TAP untuk pengujian hipotesis. Salah satunya Healy (1985) yang meneliti hipotesis rencana bonus. Hasil penelitiannya adalah menemukan bukti bahwa manajer perusahaan yang memiliki rencana bonus berdasarkan pada laba bersih mereka yang dilaporkan secara sistematis menggunakan kebijakan akrual sedemikian rupa untuk memaksimalkan bonus yang mereka harapkan.
·   Dichev dan Skinner (2002) mengkaji hipotesis persyaratan perjanjian pinjaman. Mereka meneliti sampel yang terdiri dari banyak persetujuan pemberian pinjaman privat (pinjaman yang tidak dapat diperdagangkan). Mereka memusatkan perhatian pada perjanjian-perjanjian dengan persyaratan yang didasarkan pada dipertahankannya rasio lancar tertentu atau pada dipertahankannya jumlah nilai bersih tertentu.
·  Jones (1991) mempelajari tindakan perusahaan untuk menurunkan laporan laba bersih selama penelitian keringanan impor. Pemberian keringanan kepada perusahaan yang dipengaruhi oleh persaingan dengan luar negeri sebagian merupakan keputusan politik.     

Membedakan Versi Kontrak Efisien dan Oportunis
·  Ketiga hipotesis TAP dinyatakan dalam bentuk oportunis, artinya berasumsi bahwa manajer memilih kebijakan akuntansi untuk memaksimalkan utilitas dibandingkan remunerasi yang diterima, kontrak hutang, dan biaya politik.
· Hipotesis tersebut juga dapat dinyatakan dalam bentuk efisiensinya, atas asumsi kontrak kompensasi, sistem kontrol internal, manajemen perusahaan yang baik, dapat membatasi oportunisme dan memotivasi manajer memilih kebijakan akuntansi untuk mengendalikan biaya kontrak.
·   Christie dan Zimmerman (1994) menyelidiki mengenai tingkat pilihan kebijakan akuntansi yang meningkatkan pendapatan dalam sampel yang terdiri dari perusahaan yang menjadi target pengambilalihan. Alasan mereka adalah bahwa jika pilihan kebijakan akuntansi yang oportunis sedang terjadi, pilihan seperti ini akan lebih tak terkendali dalam perusahaan yang kemudian akan diambil, karena manajemen yang saat itu berusaha menepis tawaran pengambilalihan dengan memaksimalkan posisi keuangan dan laba bersih yang dilaporkan.
·  Guay (1999) mempelajari aktivitas pinjaman bank perusahaan pada tahun pertama perusahaan melakukannya. Ia berpendapat bahwa kontrak kompensasi yang efisien akan mendorong manajer untuk mengurangi resiko-resiko harga yang spesifik bagi perusahaan (misalnya perusahaan migas menerapkan cegah resiko harga produksi tahun depan), karena pengurangan resiko tersebut mendorong para manajer untuk mengambil resiko-resiko lain yang spesifik bagi perusahaan.
·   Watts (2003) menyatakan bahwa akuntansi konservatif juga dapat berperan dalam kontrak yang efisien. Disini berlaku hipotesis rencana bonus dimana hipotesis tersebut menyiratkan bahwa para manajer tergoda untuk meningkatkan estimasi–estimasi aliran kas akan datang lebih tinggi, dan menggunakannya untuk membenarkan pencatatan pendapatan secara premature dan penilaian aktiva terlalu tinggi, yang keduanya menggeser pendapatan dari masa akan datang ke masa kini.
·     Penelitian Basu (1993) mendapati bahwa semakin konservatif akuntansinya, semakin tinggi rating hutang perusahaan yang mengakibatkan rendahnya biaya bunga, dengan semua hal dianggap sama. Hasil tersebut sesuai dengan kontrak hutang yang efisien karena perusahaan menjadi semakin konservatif jika kebutuhannya makin besar. Jika manajer berperilaku oportunistis, mereka tidak akan begitu memperhatikan biaya bunga dan karenanya akan berusaha mengeluarkan diri dari ancaman pelanggaran persyaratan pinjaman hutang dengan menggeser ke pendapatan periode berjalan dari pendapatan yang akan datang.

Kesimpulan Konsekuensi Ekonomi dan Teori Akuntansi Positif
·      TAP berusaha memahami dan memprediksikan pilihan kebijakan akuntansi perusahaan.
·  Secara umum, TAP menilai bahwa pilihan kebijakan akuntansi adalah bagian dari kebutuhan perusahaan secara menyeluruh untuk meminimalkan biaya modal dan biaya kontrak.
·   TAP tidak menyiratkan bahwa pilihan kebijakan akuntansi perusahaan harus dijelaskan dengan khusus. Justru biasanya akan lebih efisien jika ada sekumpulan kebijakan akuntansi yang dapat dipilih oleh manajemen.
·      Memberi keleluasaan kepada manajemen dalam pilihan kebijakan akuntansi akan memberi respon fleksibel dalam lingkungan perusahaan dan terhadap hasil kontrak yang tidak dapat diramalkan. Namun demikian, ini juga memberi peluang terjadinya perilaku manajemen yang oportunistis dalam pilihan kebijakan akuntansi.
· Dari perspektif TAP, tidak sulit memahami mengapa kebijakan akuntansi dapat memiliki konsekuensi ekonomi. Dari perspektif efisiensi, kumpulan kebijakan yang tersedia mempengaruhi fleksibilitas perusahaan. Dari perspektif opportunis, kemampuan manajemen untuk memilih kebijakan akuntansi untuk keuntungannya sendiri pun terpengaruhi.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bendung dan Bagian-Bagiannya

2.1 Pengertian Bendung Sebuah bendung memiliki fungsi, yaitu untuk meninggikan muka air sungai dan mengalirkan sebagian aliran air sungai yang ada ke arah tepi kanan dan tepi kiri sungai untuk mengalirkannya ke dalam saluran melalui sebuah bangunan pengambilan jaringan irigasi. Fungsi bendung ini berbeda dengan fungsi bendungan dimana sebuah bendungan berfungsi sebagai penangkap air dan menyimpannya di musim hujan waktu air sungai mengalir dalam jumlah besar dan yang melebihi kebutuhan. Air yang ditampung di dalam bendungan ini dipergunakan untuk keperluan irigasi, air minum, industri, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kelebihan dari sebuah bendungan, yaitu dengan memiliki daya tampung tersebut, sejumlah besar air sungai yang melebihi kebutuhan dapat disimpan dalam waduk dan baru dilepas mengalir ke dalam sungai lagi di hilirnya sesuai dengan kebutuhan saja pada waktu yang diperlukan. Bendung juga dapat didefinisikan sebagai bangunan air yang dibangun secara melintang sungai, sedemiki

Perencanaan Bendung

Pengertian Bendung Sebuah bendung memiliki fungsi, yaitu untuk meninggikan muka air sungai dan mengalirkan sebagian aliran air sungai yang ada ke arah tepi kanan dan tepi kiri sungai untuk mengalirkannya ke dalam saluran melalui sebuah bangunan pengambilan jaringan irigasi. Fungsi bendung ini berbeda dengan fungsi bendungan dimana sebuah bendungan berfungsi sebagai penangkap air dan menyimpannya di musim hujan waktu air sungai mengalir dalam jumlah besar dan yang melebihi kebutuhan. Air yang ditampung di dalam bendungan ini dipergunakan untuk keperluan irigasi, air minum, industri, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kelebihan dari sebuah bendungan, yaitu dengan memiliki daya tampung tersebut, sejumlah besar air sungai yang melebihi kebutuhan dapat disimpan dalam waduk dan baru dilepas mengalir ke dalam sungai lagi di hilirnya sesuai dengan kebutuhan saja pada waktu yang diperlukan. Bendung juga dapat didefinisikan sebagai bangunan air yang dibangun secara melintang sungai,

ASPEK PERILAKU DALAM AUDIT MANAJEMEN

Aspek Perilaku dalam Audit Manajemen Menurut Code of Ethic for Professional Accountant (CEPA), auditor harus memiliki prinsip etika, yaitu ·          Integritas, yaitu sikap sederhana dan jujur dalam pekerjaan. ·          Objektivitas, yaitu sikap tidak membiarkan adanya penyimpangan dan konflik kepentingan yang mengganggu profesionalitas. ·       Kompetensi serta cermat dan kehati-hatian, yaitu sikap untuk memelihara pengetahuan pada tingkat yang disyaratkan agar klien menerima jasa yang profesional. ·          Kerahasiaan. ·          Perilaku profesional, yaitu sikap wajib mentaati hukum dan peraturan yang sesuai. Dalam menjalankan prinsip etika, auditor mendapatkan beberapa ancaman, yaitu ·          Self - interest threat , yaitu ancaman dari kepentingan pribadi. ·          Self - review threat , yaitu ancaman telaah sendiri, misalnya overbudget dalam audit mengakibatkan kualitas audit yang tidak memadai. ·          Advocacy threat , yaitu ancaman karena pe