Thursday, October 14, 2010

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park : Between Culture, Tradition, Religion, And Technology


Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata yang ada di Indonesia. Alam, budaya, tradisi, dan adat istiadat masyarakat Bali telah menarik begitu banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi. Tanah Lot, Pantai Kuta, Kawasan Wisata Sanur, sampai pedesaan asli Bali merupakan magnet yang dapat mengundang kekaguman dari wisatawan. Kini, Bali siap untuk menambah kawasan wisata yang dapat dijadikan pilihan untuk dikunjungi. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park merupakan kawasan wisata yang siap dibangun untuk menambah objek wisata yang ada di Bali. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park merupakan sebuah kawasan wisata dengan konsep seni dan budaya. Kawasan wisata ini rencananya akan dibangun di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali yang juga merupakan kawasan Universitas Udayana. Sentral dari konsep kawasan wisata ini, yaitu patung Dewa Wisnu yang dalam mitologi Agama Hindu merupakan dewa pemelihara alam semesta yang menunggangi kendaraan atau wahana Beliau yang berupa Burung Garuda. Patung ini merupakan salah satu karya dari pematung terkenal Bali, yaitu I Nyoman Nuarta. Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton dan lebar 60 meter. Tinggi patung Garuda Wisnu Kencana ini rencananya akan dibangun setinggi 146 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park berada pada ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.









Garuda Wisnu Kencana Cultural Park tidak hanya akan menjadi tempat wisata saja, tetapi dapat juga dipergunakan sebagai tempat pementasan seni dan budaya Bali. Banyak kegiatan kesenian dan konser musik yang diselenggarakan di kawasan wisata ini. Satu hal yang menarik dari Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah kawasan wisata ini merupakan perpaduan dari budaya, tradisi, adat-istiadat, dan teknologi yang bergabung menjadi satu membentuk satu kesatuan. Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah konsep kepercayaan Agama Hindu yang meyakini bahwa Dewa Wisnu merupakan Dewa yang bertugas untuk memelihara keseimbangan alam semesta dan isinya. Konsep inilah yang akan diwujudkan dalam bentuk sebuah konstruksi patung yang menggunakan teknologi masa kini. Lokasi tempat dibangunnya patung ini yang merupakan daerah dengan sebagian besar tanahnya berupa tanah keras memudahkan konstruksi patung ini untuk dibangun. Sampai saat ini, bagian-bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana masih berada di Bukti Ungasan, Jimbaran dan dapat disaksikan langsung oleh masyarakat umum.





Keberadaan kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana akan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Bali, khususnya untuk masyarakat yang berada di sekita kawasan wisata ini. Kehadiran wisatawan tentu saja merupakan peluang usaha yang harus dimanfaatkan. Penjualan pernak-pernik, kerajinan khas Bali, dan segala bentuk pertunjukan kesenian merupakan bukti bahwa masyarakat Bali masih konsisten untuk melestarikan seni dan budaya Bali yang telah diwariskan oleh leluhur masyarakat Bali itu sendiri. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park akan menjadi satu-satunya tempat dimana budaya, tradisi, dan adat-istiadat yang telah berumur ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu dapat menyatu dengan teknologi global yang berkembang saat ini.







3 komentar:

iklan jual beli rumah said...

Kok matanya mrem seh,gak ada tangannya lg.

tapi asli top bgd,jd mau ke bali.

Putu Sukma Kurniawan said...

Iklan jual beli rumah : Iya itu kan baru badannya. Nanti bagian tangan dan bagian yang lain disambung menjadi satu. Bagian yang lain masih dipisah-pisah buatnya

Anonymous said...

KAPAN KITA SAKSIKAN PATUNG GWK SELESAI DIRAKIT SELURUHNYA. RASANYA PENASARAN PINGIN LIHAT YANG SUDAH JADI.

Post a Comment